Eben Haezer

“Kemudian Samuel mengambil sebuah batu dan mendirikannya antara Mizpa dan Yesana; ia menamainya Eben-Haezer, katanya: ‘Sampai di sini TUHAN menolong kita.” 1 Samuel 7:12
Image

Dalam bahasa aslinya kata Eben berarti Batu dan Haezer berarti penolong. Samuel mendirikan Batu Penolong sebagai peringatan atas pertolongan Tuhan kepada bangsa Israel setelah sekian  lama mengalami kekalahan telak dalam perang dengan Orang Filistin, yang puncaknya ketika Tabut Perjanjian diambil dari tangan orang Israel untuk dibawah ke tanah Filistin, namun ditanah Filistin Tabut itu membawa kutuk bagi mereka sehingga mereka mengembalikannya lagi ke  Israel, tetapi walaupun tabut sudah dikembalikan tetap saja Bangsa Israel tidak diberkati dan dilindungi oleh Tuhan dengan kehadiran tabut itu.

Ada sesuatu yang salah dengan bangsa Israel, rupanya masih ada berhala-berhala yang disembah Bangsa Israel sehinggaTabut yang merupakan simbol kehadiran dan penyertaan serta berkat Allah tidak berlaku bagi mereka. Ketika Filistin mengancam untuk kembali menyerang Israel, disinilah saat dimana Samuel mengajak seluruh bangsa bertobat dengan sungguh-sungguh kepada Tuhan dan membuang semua berhala mereka dan diakhir dari kisah itu Israel memperoleh kemenangan atas Filistin karena mereka telah bertobat dengan sungguh-sungguh kepada Tuhan lalu diadakan peringatan atas pertolongan Tuhan bagi bangsa Israel dengan mendirikan Batu Penolong.

Adakah saat dimana didalam hidup ini kita jauh dari Tuhan lalu kemudian kita bertobat dan kembali pada Tuhan dan ketika itu juga Tuhan menolong kita dengan cara yang luar biasa!.  Lalu kemudian kita bertanya apakah hanya sampai disini saja Tuhan akan menyertai kita setelah kita melewati berbagai kesulitan dalam hidup seperti yang dialami bangsa Israel, kemudian Tuhan berhenti menolong kita ? Eben-Haezer adalah sebuah moment dimana kita bersyukur kepada Tuhan dimana kita telah bertobat dan Tuhan telah menolong kita, sampai disini Tuhan menolong kita tidak berbicara mengenai Tuhan telah selesai menolong kita melainkan inilah saatnya untuk kita terus percaya dan setia kepadaNya yang sudah memberikan pertolongan tepat pada waktunya dan yang akan terus menolong kita untuk menggapai masa depan yang cerah bersama Tuhan.

Kasih Karunia Allah kiranya menyertai kita semua hari ini sampai seterusnya. Tuhan memberkati.