RETREAT PIMPINAN,, STAFF DAN PELAKSANARUMAH SAKIT ADVENT BANDUNG, TANGGAL 12 – 14 MARETPANGANDARAN

Bandung [BAIT]. Sampai disini Tuhan menyertai kita (Eben Haezer). Kita patut menaikkan puji dan syukur atas berkat dan penyertaannya sehingga RSA dapat mengalami kemajuan yang sangat berarti. Dibawah kepemimpinan Direktur yang baru yaitu Dr. Roy David Sarumpaet SpTHT-KL yang baru 3 lebih menjabat. RSA Bandung telah melaksanakan beberapa program menjelang diadakannya retreat PSP antara lain program dari bagian kerohanian dengan mengadakan 10 hari acara khusus kebangunan rohani dimana tiap department serentak melaksanakannya.
Dirasakan besar sekali manfaat sesudah acara 10 hari tersebut, kerohanian dikuatkan, yang menjadi tema pembahasan ialah Doa Tuhan Yesus. Dilanjutkan dengan pekan doa kesehatan RSA yang diselenggarakan PKRS (Penyuluhan Kesehatan Rumah Sakit) tadinya namanya UPPKM. Kembali seluruh karyawan mendapat berkat banyak tentang bagaimana hidup sehat, materinya disediakan PKRS bekerjasama dengan Uni. Untuk lebih memantapkan program kerja RSA 2014 maka bertempat di Gedung Serba Guna RSA telah diadakan rapat dua hari berturut-turu yaitu tanggal 10 dan 11 Maret rapat hari pertama dibawakan oleh pengurus Yayasan beserta

Direksi RSA memaparkan pencapaian dan rencana jangka menengah dan panjang RSA Bandung, kemudian hari kedua membahas Goals dan Objective dari tiap-tiap department, pembahasan diwakili oleh tiap-tiap kepala bidang atau bagiannya. Melalui rapat kerja dua hari ini, banyak masukkan, saran kepada manajement bagaimana agar di tahun 2014 ini kinerja RSA akan lebih baik dari tahun sebelumnya tentu itulah harapan semua bersama karyawan, ketika harapan terpenuhi sudah tentu motivasi kerja akan meningkat dan benar hal itu telah tercapai dengan diberikannya Gaji 13 kepada seluruh karyawan. Puji Tuhan atas segala berkatnya.

Puncak acara pertemuan PSP diakhiri di Pantai pangandaran pada tanggal 12 – 14 Maret lalu telah didakan Retreat PSP dihadiri oleh Pembina, Pengawas dan Pengurus beserta seluruh anggota PSP yang berjumlah 225 orang. Tempat diadakannya Retreat di Pantai Indah Resort Hotel Pangandaran nama hotel sebelum direnovasi ialah Pantai Indah Timur, tempat ini sudah sering digunakan oleh PSP, dan sebagian lagi di Pantai Indah Barat. Acara retreat kali ini mengambil tema : Kebangunan dan Kebenaran Yang Dinubuatkan. Pembukaan acara pada hari rabu malam dan renungan dibawakan oleh Ketua Pembina yaitu Pdt. J.S. Peranginangin dan selaku ketua Uni Barat GMAHK. Dalam renungannya beliau menekankan biarlah kita seluruh karyawasn boleh menjadi bau yang harus ditengah masyarakat yang dilayani. Kata-kata sambutan masing-masing

dibawakan oleh : Ketua pelaksana bpk. Yoppy Syahailatua, Wadir Umum kemudian oleh Direktur Dr. Roy David Sarumpaet SpTHT-KL dalam sambutan beliau menyampaikan informasi terkini tentang RSA yaitu penghargaan yang diberikan oleh Kementerian Lingkungan Hidup No. B14062/MENLH/PDAL/12/2013 tanggal 23 Desember 2013 tentang pembinaan RS dan hasil Keputusan Menteri Lingkungan Hidup No.349 2013 tertyanggal 9 Desember 2013, tentang hasil penilaian peringkat kinerja perusahaan dalam penghelolaan lingkunghan hidup (PROPER) 2012-2013, dimana terdapat 106 RS yang dinilai. Dan dalam penilaian tersebut didapatkan hasil 25 RS masuk dalam “Peringkat Biru” dan RS Advent Bandung masuk dalam peringkat ke-23. Kata sambutan selanjutnya dari Pengurus Yayasan RSA Bpk. Thomas Trisno, SH, MBA dan diahiri sambutan Pembina. Sesudah acara maka seluruh group yang dibagi empat berkumpul untuk mengatur acara besok harinya.

Untuk memeriahkan kebersamaan selama acara retreat Panitia telah menyiapkan yel yel sepanjang acara retreat dimana selama acara dilaksanakan maka peserta diminta mengucapkan selalu yel yel tersebut yang berbunyi : Bersama Tuhan, I Can Do it, I Can Do It, I Can do It, Yes, yes yes..! Dengan mengangkat tangan kanan tiga kali diakhiri tangan ditarik kebawah untuk kata yes. Luar biasa persiapan dari panitia dan dalam merancang acara kebersamaan ini, yel yel kali ini seakan

mempersatukan tujuan bersama untuk dicapai di tahun 2014 ini. Besok harinya hari Kamis acara didahului dengan kebaktian bersama di Aula utama lantai 3 dengan pembicar Bpk. B.F. Sihotang selaku Bendahara Uni, didalam renungannya beliau membahas bagaimana polla hidup Keristen yang benar. Selesai makan pagi dilanjutkan dengan acara Games sampai jam 12.00 siang. Panitia acara telah membagi peserta menjadi empat group yaitu diberi nama tempat-tempat di Pangandaran. Green Canyon, Nusawiru, Batu Karas dan Batu Hiu dimana tiap group memiliki koordinar acaranya.

Acara Games mempersembahan aneka permainan yang menarik, menantang tetapi perlu kerjasama, pada setiap akhir permainan para peserta diberi hadiah pemenang. Selesai acara makan siang bersama, sore harinya acara Games anak-anak dan Polo Air di kolam renang. Hal yang menarik adalah gawang adalah wanita sementara pemain pria. Sepanjang pertandingan para penonton dan pemain tertawa terbahak-bahak karena uniknya pertandingan dimana penjaga gawang wanita jadi bulan-bulanan pemain lawan agar bola masuk. Ada juga pertandingan Badminton dilapangan khusus diluar Hotel para pemainnya dari Uni dan RSA.

Sesudah istirahat sebentar dan mandi acara dilanjutkan acara komitement peserta. Acara didahului dengan kebaktian malam yang memberikan renungan Pdt. W. Mandolang, Sekretaris Uni. Pembahasan utama beliau ialah bagaimana pekerja Tuhan mengabdi, berdedikasi dalam pelayanan, setia walau banyak rintangan ditemui, beliau memberikan juga kesaksian bagaimana pimpinan Tuhan dalam karirnya selama ini baik di Daerah, Divisi dan kembali ke Uni. Acara doa dipandu oleh pemimpin acara Ns. Merry Nusawakan, MSN semua peserta mencari pasangan dua atau lebih dan doa Intergated Prayer yaitu Doa Pujian, Pengampunan dosa, Permohonan dan Ucapan syukur dan diakhiri doa komitment yang dibawakan Pdt. W. Mandolang. Selesai acara dilanjutkan acara Tukar kado dan malam kebersamaan, acara diselingi dengan pertandingan empat group dengan menyanyikan lagu daerah pilihan masing-masing group disertai yel, yel. Acara diakhiri dengan doa penutup rangkaian acara dari pagi sampai malam.

Hari Jumat pagi sesudah kebaktian, diadakan jalan santai bersama dengan mengambil rute start di depan Hotel mengitari jalur jalan tengah Pangandaran lewat pantai barat, hotel laut biru dan berakhir di Hotel. Panitia menyediakan oleh-oleh bagi setiap peserta pada. Acara diakhiri foto bersama didepan Hotel dimana setiap peserta mengenakan kaos seragam ayng disediakan panitia acara Retreat 2014. Acara bebas, peserta berbelanja di pasar beli sesuai keinginan berupa sayur pakis, pete, ikan buah-buahan buat oleh-oleh dibawah kembali ke Bandung. Demikianlah berita acara retreat RSA BAndung tahun 2014. Sayonara, Sampai jumpa.

Dilaporkan oleh : Bredly Sampouw, Bait Bandung