Date:

    Share:

    PERAYAAN HUT BAIT MINISTRY KE 6

    Related Articles

    Masa depan sungguh tak dapat diduga. Awal tahun ini, kegiatan Gita Gritma hanyalah sebuah upaya memanfaatkan waktu nongkrong empat orang anggota kelas Anak- Remaja Gritma. Sembilan bulan kemudian, Gita Gritma telah mekar menjadi wadah latihan sekitar 40 anak untuk bermain musik gereja. Uniknya, anggota paling banyak justru datang dari luar jemaat Gritma bahkan sebagian datang dari jemaat tetangga di sekitar perumahan. Sanggar musik binaan Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh Jemaat Gritma di bawah Departemen Musik ini, telah berubah menjadi wadah pelayanan anak-anak dari berbagai denominasi tanpa dipungut bayaran .

    Sebuah kisah yang menunjukkan besarnya pimpinan Tuhan dalam kegiatan ini terjadi pada pertengahan tahun, ketika penggagas kelompok ini, Ellen Manueke, mendatangi rumah seorang tukang jahit di komplek perumahan untuk keperluan pengadaan kostum. Dalam pertemuan tak terduga itu, penjahit

    yang baru beberapa bulan pindah di perumahan Gritma tersebut ternyata langganan yang dulunya bermarkas di Teling. Pertemuan itupun menjadi ajang reuni. Penjahit Melly, itulah nama sang penjahit yang cukup dikenal di kalangan Advent Indonesia Timur dan komunitas Nyong dan Noni Sulawesi Utara (seperti abang-none Jakarta) merupakan seorang simpatisan Advent karena suaminya anak seorang pendeta. Pada pertemuan itu Melly beserta suami dan anak semata wayang, Intan, tercatat sebagai anggota di salah satu gereja di perumahan Griya Tugu Mapanget Asri (Gritma).

    Meski tidak jadi menerima order jahitan karena padat, anak semata wayang yang baru taman SD itu tak menolak saat diajak Ellen untuk bergabung dalam kelompok musik ansambel binaanya. Sang ibu yakin bahwa musik yang tepat dapat membentuk karakter anaknya menjadi baik dan bahkan memberi dorongan kepada si anak. Pendek cerita, tiga bulan menjalani latihan, orang tua terkesan dengan kegiatan musik yang dilakoni si anak dan meminta agar sang anak diajak masuk gereja – Gita Gritma memang rutin mengiringi lagu-lagu dalam ibadah Sabat di jemaat Gritma. Beberapa waktu berlalu, giliran si anak meminta ditemani sang ibu ke gereja.

    Kuasa Tuhan bekerja di luar jangkauan manusia. Dalam waktu dan caraNya, di tempat lain, berdasarkan kesaksian dari salah seorang personil VOH, kelompok paduan suara Voice of Hope (VOH) di Jakarta mencari-cari vokalis tambahan untuk kunjungan ke Manado. Didapatilah personil yang punya hubungan keluarga dekat suami Melly. Di Gritma, dalam waktu kurang lebih sama, meski belum menginzinkan anaknya dibaptis, namun Ibu Melly rutin menemani anaknya masuk gereja. Hal ini berlangsung beberapa waktu hingga terdengar kabar bahwa salah seorang sanak keluarga sang ayah, anggota penyanyi Voice of Hope Jakarta akan berkunjung ke jemaat Gritma bersama kelompoknya dalam rangkaian Kebaktian Kebangunan Rohani “Semua Karena Cinta”, kerjasama Jemaat Gritma dengan BAIT Ministry. Awalnya anak, lalu kemudian ibu, kini giliran sang ayah begitu rindu bergabung bersama jemaat.; rindu melihat permainan musik anaknya, rindu pula bertemu saudaranya.

    Selama KKR berlangsung, tak semalampun dilewatkan oleh keluarga ini. Sang anak yang duduk di depan untuk bermain musik bersama Gita Gritma setiap malam, terlihat senang didampingi kedua orang tua yang duduk di bagian tengah. Kuasa Tuhan nyata melalui perlawatan dari tim perlawatan jemaat hingga ketika malam panggilan tiba, sang ibu mengajak anaknya untuk berdiri dan menerima baptisan bersama dua pengunjung lainnya.

    Dari pianika, menjadi jiwa-jiwa. Gita Gritma yang semula bertujuan mewadahi anak-anak memanfaatkan waktu luang telah berkembang menjadi sarana penginjilan yang membawa jiwa-jiwa kepada Kristus. Bukan secara kebetulan pertemuan demi pertemuan yang tak terduga terjadi. Bukan secara kebetulan pula kelompok VOH Jakarta berkunjung ke Gritma. Ini benar-benar rencana Tuhan yang di luar akal manusia.

    Ada banyak lagi anak di luar sana yang perlu disentuh, dijamah hatinya dan dituntun ke dalam suasana ibadah kepada Tuhan. Beberapa dari mereka mungkin sedang menanti untuk diajak bergabung dalam Gita Gritma. Doakan agar Roh Kudus menuntun jiwa-jiwa tersebut untuk dibawa kepadaNya melalui pelayanan musik Gita Gritma.

    Dilaporkan oleh: Departemen Komunikasi Jemaat Gritma

    Previous articleCERMIN YESUS
    Next articlePERAN APA YANG ANDA MAINKAN?

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Popular Articles