Date:

    Share:

    PELATIHAN MEDICAL MISSIONARY BATCH 3 MANADO

    Related Articles

    Pada tanggal 28 Juni – 2 Agustus 2014, Departemen Kesehatan Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh Uni Konferens Indonesia Kawasan Timur (GMAHK UKIKT) menyelenggarakan Pelatihan 1 Bulan Missionaris Kesehatan. Pelatihan ini bekerjasama dengan Healing Way Indonesia (HWI). Pelatihan dilaksanakan di Kampus HWI yang berkedudukan di Desa Warukapas, Minahasa Utara, Manado.

    Pelatihan diikuti oleh 12 Peserta yang datang dari beberapa tempat yaitu Pdt. Frans Kaparang sebagai Pendeta Jemaat Wilayah Likupang, Ibu Nelly Asmoro dari Bandung, Ibu Nova Kaumpungan Ratahan, Ibu Jeina Tombeng dari Airmadidi, Renly Suling dari Tuyat, Rival Pongoh dari Mapanget, Marvico Katiandago dari Tomohon, Verna Welan dari Ratahan, Friska Piay dari Remboken, Nina Raranta dari Jakarta, Putri Noviana dari Bandung, dan Rauna Kaunang dari Tetey.

    Ada beberapa pembawa Materi pada pelatihan ini baik dari HWI maupun dari Organisasi yaitu Pdt. Jantje Tumalun sebagai Dosen Fakultas Filsafat Unklab, Pdt. Edward Taliwongso sebagai Pendeta Jemaat Tetey, Pdt. Djenri Woy sebagai Direktur Departemen Kesehatan Konferens Manado, Minahasa Utara dan Kota Bitung, Mr. Reagen Mandias sebagai Dosen Fakultas KeperawatanUnklab, Lesly Malonda sebagai Guru di SMK Keperawatan di Sekolah Lanjutan Advent Tompaso II, serta Mr. Elvis Sumanti yang membawakan acara pembukaan pada pelatihan ini. Sedangkan pembawa materi dari HWI yaitu dr. Cindy Sumual-Mamahit, Stiven Sumual, Glen Rumalag, Caroline Rumalag-Asmoro, Bryan Tambanua, Harist Warouw, Stella Noya, dan beberapa anggota tim Unklab Medical Ministry (UMM) yang juga terlibat aktif selama pelatihan yaitu Nelsi Bontong, Seny Ronga, Romel Tumandang dan lainnya.

    Selama pelatihan, peserta dan tim mengadakan pelayanan Sabat dan Health Expo ke beberapa jemaat yaitu Jemaat Airmadidi Bawah, Jemaat Batu Likupang, dan Jemaat Pangu. Setelah pelatihan teori pada tanggal 25 Juli 2014, dilanjutkan dengan Mission Trip dimana para peserta dapat mengaplikasikan ilmu yang telah mereka dapat selama pelatihan.

    Mission Trip dilaksanakan di Desa Poopoh, Kecamatan Tombariri. Hukum Tua dan jajarannya menyambut baik program ini. Pada tanggal 28 – 29 Juli, peserta dan Tim turun dari rumah ke rumah untuk mendata kesehatan masyarakat di Poopoh, pada tanggal 30 Juli diadakan Health Expo untuk pemeriksaan yang lebih lengkap lagi, dan pada tanggal 31 Juli – 1 Agustus diadakan Pelayanan dari Rumah ke Rumah untuk memberikan perawatan secara intensif kepada masyarakat yang memiliki kondisi kesehatan yang serius. Masyarakat antusias menerima pelayanan ini. Ketika menerima pelayanan ini, beberapa anggota masyarakat mengenal bahwa ini adalah kegiatan dari Gereja Advent dan mereka menyatakan bahwa mereka juga dahulu adalah anggota Advent, mereka terharu dengan pelayanan ini dan beberapa berjanji untuk kembali.

    Pada pelayanan kesehatan, berbagai terapi dilaksanakan dari pengobatan arang, hidroterapi, herbal, mandi air garam, dan terapi-terapi yang lain, dapat dirasakan oleh masyarakat. Mereka dapat merasakan perobahan yang nyata dalam kesehatan mereka. Mereka bersyukur atas pelayanan ini. Setiap sebelum pelayanan, tim selalu berdoa supaya kiranya Yesus yang nampak dalam pelayanan ini.

    Pada hari Sabat tanggal 2 Agustus 2014 acara penamatan diadakan di Villa yang ada di Desa Poopoh. Acara penamatan dipimpin oleh Direktur Departemen Penatalayanan GMAHK UKIKT yaitu Pdt. Samuel Wullur. 12 peserta dari 1 pelatihan 1 Month dan 2 Peserta dari Pelatihan 1 Semester UMM ditamatkan pada pelatihan ini.

    Previous articleSEORANG ANAK YANG BERANI
    Next articleHARGA HDUP KEKAL

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Popular Articles