Date:

    Share:

    PEKIK KEMERDEKAAN SEHARI SEBELUM PROKLAMASI-Konferensi Luar Biasa Daerah Konferens M3B (Manado, Minut, Malut dan Bitung)

    Related Articles

    Persiapan menyongsong Perayaan Hari Kemerdekaan RI ke 67 sudah dilakukan oleh setiap warga Negara Indonesia. Di Organisasi Gereja khususnya UNI Indonesia Kawasan Timur, hari ini tanggal 16 Agustus 2012 juga menjadi hari bersejarah yang tidak kalah besarnya dengan hari kemerdekaan RI yang ke 67. Acara besar konferens sehari sebelum kemerdekaan itu bertajuk: Konferensi Luar Biasa daerah Konferes M3B (Manado, Minut, Malut, Bitung). Satu agenda pokok yang akan diputuskan adalah usulan pengembangan distrik Minahasa Utara dan Bitung atau yang lebih akrab dikenal dengan nama Klabers.

    Acara dimulai dengan ibadah dan Pdt. Noldy Sakul sebagai Ketua UKIKT memberikan khotbah dengan judul Tantangan Akhir Zaman. Dalam khotbahnya Pendeta 3 cucu ini menekankan tentang pentingnya gereja sebagai sarana pelayanan dan penginjilan. Sambil membaca beberapa ayat Alkitab dan kutipan dari tulisan Roh Nubuat, Pdt Sakul menjelaskan bahwa

    “Gereja sekarang seumpama sebuah rumah sakit yang besar, dipenuhi dengan orang-orang yang sakit rohani, yang perlu ditaruh dibawah pengaruh dapur api penyucian.” Dalam penekanan yang lain Pdt. Sakul mengutip Tulisan Roh Nubuat dalam buku Last Day Event, hal 46yang mengatakan “Saat jumlah kita bertambah, didapati bahwa tanpa satu bentuk organisasi akan terjadi kekacauan yang besar, dan pekerjaan tidak akan dapat dilaksanakan dengan berhasil.”

    Konferensi Luar Biasa dibuka dan dipimpin langsung oleh Ketua Konferens Pdt. Ferry Rattu MA. Dan hanya didampingi oleh Bendahara konferens Bpk. Adrie korengkeng karena Pdt. Ronald Rantung M.Min selaku Sekretaris Eksekutif Konferens masih berada di AIIAS Filipina mengikuti kelas Doktoral bersama Sekretaris Eksekutif UKIKT Pdt. Yotam Bindosano.

    Isi agenda utama adalah: diusulkan menyetujui pengembangan distrik Minahasa Utara- Bitung berdasarkan rekomendasi dari Komite Eksekutif Daerah Konferens Manado, Minahasa Utara, Bitung & Maluku-Utara ke UKIKT tanggal 16 Mei 2012 No. 2012-033, disetujui oleh Komite UKIKT No. 2012-078 dan hasil pertemuan Tim Survey UKIKT dan Komite Daerah Manado, Minahasa-Utara, Maluku-Utara& Bitung pada tanggal 13 Agustus 2012

    Beberapa perbincangan mengenai pembagian wilayah dan hal-hal krusial yang berhubungan dengan pengembangan wilayah tak luput dari pembicaraan beberapa utusan yang diberi kesempatan untuk berbicara. Setiap pembicaraan dan komentar dari pimpinan ataupun utusan mengisyaratkan untuk menyetujui pengembangan distrik yang sudah diprakarsai sejak dua tahun lalu itu. Setiap utusan yang memberikan aspirasi disambut hangat dengan senyuman dan tepukan tangan dari seluruh peserta teristimewa utusan-utusan dari Klabers yang tidak pernah berbicara untuk memberi komentar dalam forum yang menentukan perjuangan mereka tersebut.

    Kehadiran Tuhan melalui RohNya memenuhi seluruh utusan yang dengan satu hati, memahami betul hakikat pengembangan distrik yang baru. Penguatan dari pimpinan UNI yang diwakili oleh Pdt. Sakul dan Bpk. H. Sumanti melengkapi penguatan yang di berikan oleh Pdt. Ferry Rattu yang begitu concern dengan pengembangan pelayanan dan penginjilan di daerah luas yang dipimpinnya.

    Tanpa perhitungan suara/votting peserta menyambut baik himbauan pimpinan rapat untuk sama-sama sepakat bermufakat menyetujui pengembangan distrik Klabat Bersaudara itu.
    Kata sepakat ini yang disambut dengan tepuk tangan tersebut juga menepis semua berita-berita miring dan negatif terhadap pengembangan daerah yang baru ini.

    Satu padu dalam semangat dan itikat baik untuk melayani Tuhan dengan lebih efektif menjadi motor penggerak bagi Panitia Pengembangan Distrik Klabers yang mengusung visiuntuk setiap Pendeta akan melayani satu gereja saja. Kata sepakat untuk melayani dalam pelayanan bersama di wilayah yang sudah terbagi dua hari ini juga adalah wujud nyata Komitmen yang tinggi untuk melayani dari seluruh pimpinan organisasi yang terkait, seluruh anggota jemaat dan lebih khusus para utusan konferensi luar biasa.

    semangat melayani telah terbentuk dan menggelora dalam jiwa pendeta pendeta dan seluruh utusan yang datang dari distrik minut dan bitung. Rona bahagia dan penuh syukur tergambar jelas dari pendeta-pendeta dan anggota-anggota awam utusan jemaat yang berasal dari Klabers. Daerah yang luas dan tantangan pelayanan yang cukup besar mengiring anak-anak Tuhan dalam doa yang dilayangkan oleh Pdt. Noldy Sakul. Sehari sebelum perayaan kemerdekaan RI yang ke-67, Distrik Minahasa Utara-Bitung Merdeka. Bukan merdeka dari penjajahan tapi untuk Kemuliaan Nama Tuhan semata.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Popular Articles