Date:

    Share:

    MINISTERIAL COUNCIL UNI INDONESIA KAWASAN TIMUR

    Related Articles

    Pada hari selasa pagi tanggal 17 Juli, Semua gedung asrama di Kampus Unklab telah menunggu para pendeta yang akan diasramakan sampai dengan hari minggu siang pada tanggal 22 Juli. Para pendeta beserta keluarga mereka yang datang dari berbagai Daerah/Konferens mulai berdatangan memasuki Wilayah Airmadidi-MInahasa Utara, Manado untuk mengikuti acara Ministerial Council yang mengambil tempat di The Green Campus Universitas Klabat.
    Peserta dari Daerah Misi Papua telah berada di Manado seminggu sebelumnya karena transportasi laut yang tidak rutin setiap minggunya. Ada juga Peserta dari Daerah/Konferens Sulawesi Selatan, Toraja dan Sulawesi Tengah menghabiskan waktu 3-5 dalam perjalanan karena memilih untuk menggunakan jalur darat dengan mobil pribadi.
    Setiap peserta mendapatkan pemondokan dalam asrama-asrama. Masing-masing kamar ditempati oleh 2-3 keluarga karena ditiap ruang kamar asrama disediakan 3 tempat tidur bertingkat. Seluruh ruangan kamar asrama telah terisi penuh oleh seluruh peserta pada selasa sore. Mulai sore itu, Cafetaria Unklab membuka pelayanan untuk peserta acara dengan memberi makan lebih dari 1000 peserta setiap pagi,siang dan sore sampai hari minggu sore. Para pendeta beserta istri/suami dan anak-anak duduk makan dengan peserta dari berbagai daerah di Uni Indonesia Kawasan Timur diiringi dengan instrument music yang menenangkan.
    Acara dimulai pada hari Selasa Malam dengan menampilkan Parade Peserta Ministerial Council. Dengan penuh senyuman setiap peserta dari daerah-daerah maupun konferens membentuk satu barisan, mengenakan pakaian adat masing-masing daerah, masuk dari pintu depan Pioneer Chapel dan melangkahkan kaki menuju ke depan, dengan iring-iringan music gereja.
    Di depan telah menanti Ketua SSD Pdt. A. Gulfan, Ketua UNI Indonesia Timur Pdt. Noldy Sakul dan didampingi semua Ketua dan Sekretaris Asosiasi kependetaan daerah/Konferens yang ada di UNI Konferens Indonesia Timur beserta para pemakah yang datang dari GC dan Divisi untuk menyambut setiap peserta yang masuk.
    Sebanyak 441 Pengerja beserta keluarga baik istri/suami dan anak-anak memadati gedung Gereja yang memiliki model bangunan yang hampir sama dengan tempat ibadah yang ada di Andews University Berrien Springs, Michigan-AS. Peserta dari UNI Konferens Indonesia Kawasan Timur berjumlah 11 orang, Universitas Klabat 11 Orang, MECS 1 orang, Rumah Sakit Advent Manado 3 orang, Daerah Wilayah Bolaang Mongondow 27 orang, Daerah Sulawesi Tengah 24 orang, Daerah Maluku 29 orang, Konferens Minahasa Utara 115 orang, Konferens Minahasa 92 orang, Daerah Nusa Utara 21 Orang, Daerah Misi Papua 65 orang, Daerah Distrik Luwu Tana Toraja 18 orang, dan Konferens Sulawesi Selatan 25 orang.
    Sukacita, dan bahagia terpancar dari seluruh peserta ketika mereka boleh bertemu dengan sahabat-sahabat yang terpisah jauh dalam pelayanan di daerah /konferens masing-masing. Senyuman, Jabatan tangan, rangkulan menghiasi malam pembukaan kegiatan yang mengambil tema “Revival and Reformation-Practicing The End-Time Lifestyle” itu Setiap harinya, acara dimulai dengan Ibadah dan Doa 777 pada pukul 07.00 pagi. Dan diakhiri dengan ibadah dan Doa 777 pada pukul 19.00.. Setiap peserta Ministerial Council terlihat sangat menikmati waktu yang indah untuk bermeditasi dengan Tuhan dalam kegiatan doa 777. Doa yang sungguh untuk meminta kuasa kecurahan Roh Hujan Akhir.
    Para Penatar yang telah disiapkan adalah:
    Dari General Conferens:
    1. Pdt. Jerry Page, GC Ministerial Ass. Secretary
    2. Mrs. Janet Page, GC Shepherdess International Coordinator
    Pdt. Anthony Kent, GC Ministerial Ass Secretary Associate
    Divisi Asia Pasifik Selatan:
    1. Pdt. Alberto Gulfan Jr. SSD President
    2. Mrs H. Gulfan, SSD Shepherdess International Coordinator
    3. Pdt. Houtman E. Sinaga, SSD Ministerial Ass Secretary
    4. Mrs. M. Andres, SSD Family Ministries Director
    5. Pdt. A. T. Carpena, SSD Helath Ministries Director
    6. Mrs. G. Catane, CPUC Shepherdess Coordinator
    7. Pdt. C. Galves, AIIAS Public Helath Chair
    Pdt. J.M. Oclarit, Professor of Medical Physiology & Biochemistry at Mathias H. Aznar Memorial College of Medicine of Southwestern University
    Uni Konferens Indonesia Kawasan Timur
    1. Pdt. N. Sakul, EIUC President
    2. Pdt. Y. Bindosano, EIUC Secretary
    Pdt N. Kaumpungan, IEUC Ministerial Ass. Secretary
    Universitas Klabat
    1. Pdt. Tommy Mambu, Rektor Unklab.

    Mereka silih berganti setiap harinya mulai pukul 07.00 sampai pukul 20.00 WITA memberikan Firman Tuhan, pemantapan penginjilan dan pelayanan serta seminar kesehatan yang membuka wawasan seluruh peserta untuk memiliki gaya hidup yang sehat dan pelayanan yang terbaik dalam mengembalakan jemaat Tuhan.
    Pada hari Kamis malam dilaksanakan acara malam budaya yang menampilkan tari-tarian dan nyayian dari seluruh Wilayah peserta. Setiap wilayah menampilkan tarian tradisioanal terbaik mereka. Disetiap tarian selalu diundang para penatar yang menjadi tamu kehormatan dalam acara tersebut untuk tampil bernyanyi dan menari. Para tamu kehormatan sangat menikmati acara tersebut dan seluruh peserta kagum dengan keunikan budaya yang ditampilkan oleh setiap daerah. Luwu Tana Toraja menampikan tarian khas dimana penarinya berlenggak-lenggok diatas tetabuan dan para peserta menyisipkan lembaran-lembaran uang dalam hiasan kepala penari. Daerah Minahasa menampilkan tari Katrili dengan musiknya yang khas, Daerah Sulawesi Tengah menampilkan tarian daerah dan seorang penari menggendong anak dalam sarung khusus seperti yang lazim terlihat di pedalaman suku Daa. Pdt. H. Sinaga tampak menikmati ketika diundang ikut menari bersama kontingen daerah Maluku. Kegiatan malam budaya ditutup dengan doa oleh Pdt Sinaga yang juga mendoakan Pdt. Clary Tangkudung, dosen Fakultas Filsafat akan dioperasi di RS Advent Manado.
    Pada ibadah sabat, Bilingual Campus Universitas Klabat dipadati oleh kendaraan Pribadi dari seluruh peserta dan anggota-anggota jemaat yang datang dari manado dan sekitarnya. Semuanya memadati ruangan Pioneer chapel sampai ke ruang balkon. Lagu dari Koor Pengerja Minahasa dan Minahasa Utara berturut-turut memadati panggung dan menggema dalam mempersembahkan lagu pujian di acara Khotbah. Pdt. Jerry Page yang dialihbahasakan oleh Pdt. H. Sinaga memberikan siraman Firman Tuhan kepada seluruh peserta.
    Ibadah sore hari sabat diisi dengan Drama, Lagu Pujian, Intrument dari Biola dari seorang anak kecil untuk menuntun acara tersebut pada penghargaan kepada seluruh pengerja daerah dengan menyembatkan pin pelayanan. Jabatan tangan dari pimpinan GC dan UNI yang hadir mengakhiri acara penghargaan tersebut. Pdt. Noldy sakul menyampaikan Firman Tuhan dalam renungan tutup sabat yang mengundang seluruh pendeta-pendeta yang hadir untuk saling bergandengan tangan dalam doa komitmen. Doa di layangkan berturut-turut oleh pimpinan UNI dan DIVISI. Seluruh pengerja/pendeta-pendeta mendapat kekuatan baru yang akan memotivasi mereka dalam pelayanan dengan tantangan kehidupan modern dunia ini.
    Tolong doakan seluruh peserta dari Daerah Maluku yang sampai berita ini diturunkan masih berada ditengah laut dalam perjalanan pulang ke Ambon karena jadwal kapal yang baru berlabuh dipelabuhan Laut “Samudra” Bitung kemarin sore (2 Agustus 2012.red).
    Dengan terlakasananya acara ini, semua peserta dari berbagai Daerah /Konferens bersuka cita , menyambut baik dan mempersiapkan diri untuk pelaksanaan acara yang sama pada 2 tahun depan di Bangkok-Thailand. * RYM

    Previous articleSEGELAS SUSU
    Next articleDUA PENGUASA BEREBUT KEKUASAAN

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Popular Articles