Date:

    Share:

    KERDIL ROHANI? 5 LANGKAH UNTUK BERTUMBUH DI DALAM KRISTUS

    Related Articles

    Tahukah anda nama dari bunga terkecil di dunia? Namanya adalah Water-meal yang berasal dari ordo Lemnaceae yang terdiri dari 38 species tumbuhan berbunga yang paling kecil di dunia. Tumbuhan tersebut mempunyai ukuran panjang 0.6 milimeter dan lebar 0.3 milimeter, atau sama dengan ukuran satu biji gula pasir. Berat tanaman ini sekitar 150 mikrogram, sama berat dengan dua biji garam meja. Sangat susah untuk dilihat! Setiap bunga terdiri dari sebuah pistil dan stamen; dan buahnya adalah yang terkecil di dunia bernama utricle. Tumbuhan ini bisa ditemukan di danau air tawar di seluruh dunia. Karena tanaman ini tidak memiliki akar, maka bisa ditemukan terapung-apung di permukaan air.

    Saya rasa hanya ada beberapa orang yang ingin menjadi kecil. Tetapi hampir semua anak SD jika ditanya pasti akan menjawab, “Saya bertumbuh menjadi besar dan kuat!” Inilah yang sebenarnya harus terjadi kepada setiap orang yang menerima Yesus sebagai Juruselamat pribadi, mereka mempunyai kerinduan untuk menjadi seorang Kristen yang kuat dan besar. Sayang sekali, tidak semua orang yang telah menerima Kristus mempunyai pengalaman pertumbuhan yang baik, sehingga sepanjang hidup mereka tetap kerdil rohani. Banyak memilih untuk mengalami pengalaman kerdil dengan Tuhan. Mereka dapat kita sebuh orang Kristen Water-meal!
    Ketika seseorang dibaptiskan, terjadi dua hal. Saya rasa kita semua mengerti akan proses ini. Yaitu, proses mati terhadap hidup lama dan bangkit lahir di dalam hidup baru bersama Kristus. Namun, ketika kita lahir kembali, kita tidak langsung menjadi dewasa. Kita dilahirkan seperti seorang bayi yang baru dilahirkan. Bayi yang baru lahir perlu perhatian belaian kasih sayang dari ibunya. Namun, 1 Petrus 2:2 mengatakan “Hendaklah kalian menjadi seperti bayi yang baru lahir, selalu haus akan susu rohani yang murni.” Kita bukan hanya seperti bayi ketika baru dibaptis, melainkan kita diajak untuk selalu “menjadi seperti bayi yang baru lahir.”

    Jadi, agar bisa bertumbuh dengan seseorang perlu makanan, minum, istirahat, dan bernafas udara yang segar. Ketika beranjak dewasa, maka dia juga perlu berolahraga, agar tidak menjadi gemuk. Untuk itu saya ingin menawarkan lima langkah untuk kita ambil agar tetap bertumbuh di dalam Kristus.

    Langkah 1: Makan makanan Rohani
    Seorang Kristen perlu mengkonsumsi makanan rohani yang cukup untuk memenuhi kebutuhan rohani setiap hari. Turutilah apa yang Yeremia 15:16 katakan, “Engkau berbicara kepadaku, dan aku mendengarkan setiap perkataan-Mu. Aku milik-Mu, ya TUHAN Allah Yang Mahakuasa, karena itu perkataan-perkataan-Mu menyenangkan dan membahagiakan aku. Ketika kita makan, bukan hanya membaca buku “from cover to cover” tetapi kita harus menyimak dengan seksama Firman Tuhan, baca dengan baik agar kita “kenyang.” Ibarat makanan yang harus dikunyah 22 kali, demikian pula dengan membaca Alkitab jangan terburu-buru, melainkan harus ada persiapan untuk belajar dengan baik.

    Langkah 2: Minum minuman Rohani
    Bukan hanya makanan yang penting bagi seseorang, minuman tidak kalah pentingnya. Seseorang bisa hidup beberapa minggu tanpa makanan, tetapi hanya beberapa hari tanpa minuman. Minuman rohani seorang Kristen berasal dari Yesus. Dia mengajak, “Orang yang haus hendaklah datang kepada-Ku untuk minum (Yohanes 7:37). Di ayat 39 lebih diperjelas bahwa air yang Yesus tawarkan adalah Roh Kudus.

    Dewasa ini ada begitu banyak pilihan minuman yang dijajakan kepada publik. Beberapa di antaranya adalah “energy drink” seperti Hemaviton, Krateng Daeng, Extra Joss dan Gatorade. Semua energy drink ini berguna untuk menambah kekuatan tumbuh dengan cara mempompa kandungan kafein yang cukup tinggi ke dalam saluran darah kita. Sesudah merasakan energi yang cukup besar, tubuh kita akan terasa loyo ketika energi itu habis. Yang Yesus tawarkan bagi kita bukanlah energi drink yang memberi pengaruh negatif, tetapi air murni yang lebih murni daripada air Aqua. Yesus menawarkan Roh Kudus bagi kita. Terimalah Roh Kudus di dalam kehidupan kita, agar dia dapat bekerja untuk menjauhkan kita dari hal-hal yang jahat, menunjukkan dosa (Yoh 16:8) dan menuntun kita ke dalam kebenaran (Yoh 16:3), bahkan Roh Kudus akan menjadi penghibur bagi kita (Yoh 14:16) bukan hanya ketika kita berduka karena kematian kekasih, tetapi di saat-saat kita putus asa karena berbagai hal, Roh Kudus akan menghibur kita.

    Langkah 3: Nikmati Istirahat Rohani
    Ada dua jenis istirahat, istirahat harian dan istirahat mingguan. Beberapa riset menemukan bahwa tubuh kita mempunyai keunikan dalam pengembangan bagian-bagian tubuh, yaitu tubuh kita mempunyai siklus ritme tujuh hari. Dr. Neil Nedley (http://lifestylelaboratory.com/articles/proof-positive/rest.html) menamakan fenomena ini sebagai ritme circaseptan. Dia mengatakan hasil riset menemukan bahwa fibrinogen (sel-sel pembeku darah) mempunyai siklus 7 hari, pencangkokan ginjal akan diketahui kalau gagal atau berhasil di hari ke 7, pembengkakan atau inflamasi di dalam tubuh akan merespons dalam tujuh hari, itu sebabnya obat antibiotik harus diminum dalam dosis 7 hari. Karena hal-hal tersebut, barulah kita bisa lebih jelas pengertian kita mengapa Tuhan menciptakan bumi ini dalam enam hari, dan beristirahat di hari ketujuh. Karena manusia ciptaanNya mempunyai fungsi-fungsi tubuh yang berperngaruh dihari ketujuh, maka sudah pantaslah kita beristirahat di hari ketujuh, seperti perintahnya di Keluaran 20:8.

    Langkah ke 4: Bernafas Udara Rohani
    Nafas di dalam hal ini adalah doa. Nyonya white menulis, “Doa adalah nafas jiwa. Doa merupakan rahasia kekuatan rohani” (Gospel Workers, 254-255). Selanjutnya dia berkata kalau kita lupa atau berhenti berdoa, maka semua kerangka kerohanian kita akan kehilangan kuasa sehingga pengalam rohani menjadi kurang berarti. Setiap hari biarlah kita mengambil kesempatan untuk berdoa kepada Tuhan.

    Langkah ke 5: Olahraga Rohani
    Ketika seseorang kerjanya hanya makan dan minum, maka dia akan menjadi gemuk tanpa olahraga. Maka olahraga bagi orang Kristen adalah melakukan Amanat Agung yang terdapat di dalam Matius 28:19, “Sebab itu pergilah kepada segala bangsa di seluruh dunia, jadikanlah mereka murid-muridKu. Baptiskanlah mereka dalam nama Bapa, Anak dan Roh Kudus!” Janganlah kita hanya berdiam diri, tetapi bergeraklah, berolah raga! Yesus berjanji bahwa jika kita berolahraga rohani, kita akan mendapat kuasa untuk menjadi saksi, olahragawan yang sejati (Kisah 1:8).

    Saudara-saudara yang kekasih, demikianlah lima langkah sederhana yang boleh kita ikuti setiap hari. Ikutilah semua langkah ini di dalam pertumbuhan kita di dalam Kristus. Janganlah kita menjadi kerdil rohani, tetapi menjadi raksasa rohani dalam pertumbuhan kita di dalam Kristus. Tuhan memberkati kita semua. Amin.

    Oleh: Pdt. Bryan Sumendap

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Popular Articles