Date:

    Share:

    GLOBAL YOUTH DAY & PERTEMUAN WILAYAH SE MINAWEROT/KEMA

    Related Articles

    Tepat tanggal 16 Maret 2013 ada 2 kegiatan besar yang di lakukan di Jemaat Perum Agape Tumaluntung yaitu Pertemuan ibadah Sabat bersama wilayah se Minawerot/Kema dan perayaan hari Pemuda Advent Sedunia. Susunan acara kali ini boleh dikatakan sedikit berbeda,karena ibadah sepanjang Sabat dari kebaktian Sabat pagi, SS, acara khotbah, tindakan-tindakan kasih sampai acara penutupan Sabat di buat di luar ruangan gereja (outdoor), oleh karena gedung gereja kecil yang masih terbuat dari kayu kelapa tidak bisa menampung kira-kira 400an orang yang hadir waktu itu dan gedung gereja Perum Agape ini di gunakan untuk acara anak-anak, sehingga di buat tenda dan sabua (tenda) dari terpal dengan mengambil tema ‘SHARE YOUR LOVE” dengan menyesuaikan tema Global Youth Day dari GC “ONE in Compassion”.

    Acara ini di dukung dan di hadiri oleh Pdt. Stephen Salainti sebagai Direktur Pelayanan PA UKIKT dan Pdt. Ruddie Frans sebagai Kordinator PA Distrik Minut –Bitung serta jemaat wilayah Minawerot (Tumaluntung, Perum Agape Tumaluntung, Lembean, Kaima, Ekklesia Kaima, Karegesan, Treman, Kawiley, Kauditan), Kema, Watudambo, Pimpin.

    Acara keluarga di bawakan oleh Sir. Immanuel Touwelly sebagai ketua Jemaat Peruma Agape dan acara SS di pimpin oleh pendeta-pendeta muda yang melayani wilayah Minawerot, Kema, Pimpin dan Watudambo. dalam acara anggota bekerja di bawakan oleh Pdt. S. Salainti mengenai metode Integrated Evangelism Life Style(IELS)-Penginjilan pola hidup terintegrasi dimana pendeta dan keluarga-keluarga anggota gereja harus mengsukseskan program ini melalui pola hidup seimbang dengan membentuk kelompok-kelompok yang di sebut Kelompok Peduli (Care Group). Saat ini Jemaat Perum Agape sedang membangun gereja yang baru dan promosi di bawakan oleh ketua Jemaat Sdr. D. Lurekke. Dalam acara ini pdt se Minawerot yang turut hadir adalah pdt. N. Tambani, Pdt. T. Natty, Pdt. Y. Kelendonu dan para pendeta yang sudah pensiun di berikan penghargaan berupa kembang sebagai apresiasi atas pekerjaan dan pelayanan di ladang Tuhan.

    Di dalam pembawaan Firman Tuhan yang mengambil judul “Pengampunan”(Forgivenes) dengan ayat tema Yoh 13:35 “ Dengan demikian semua orang akan tahu, bahwa kamu adalah murid-murid-Ku, yaitu jikalau kamu saling menghasihi”. Pengampunan itu memang perlu dan jika tidak justru akan menjadi beban dan memicu timbulnya faktor resiko penyakit yang ditimbulkan karena belum memberikan pengampunan, mungkin saja itu majikan, karyawan, orang tua, anak , suami istri, boleh di dalam jemaat antara sesama anggota jemaat yang belum saling memaafkan dan mengampuni, karena Yesus telah memberikan anugrah pengampunan kepada umat manusia. Bila pengampunan bertambah, maka permusuhan, kemarahan akan berkurang dan resiko penyakit dapat di turunkan. Lalu apakah kita akan tetap menjadi “korban” dari orang tidak suka mengampuni atau “bertahan hidup” karena suka mengampuni, pikirkan itu.

    Setelah acara khotbah, Jemaat Perum Agape telah menyediakan santap kasih bersama bersama dengan jemaat se Minawerot dan tamu-tamu yang turut menghadiri acara ini. Dan untuk mengsuskseskan acara Hari Pemuda Advent Sedumia (Global Youth Day) yang di lakukan di seluruh dunia pada hari Sabat tanggal 16 Maret 2013, maka Jemaat Perum Agape sebagai tuan rumah dan PA Minawerot melakukan “tindakan-tindakan kasih (acts of kindness) luar ruangan gereja seperti donor darah dan 1 unit mobil Palang Merah Indonesia (PMI) Kema, Pimpin dan Watudambo dengan mengisi formulir diri calon pemberi donor darah, pemeriksaan berat badan, tekanan darah dan golongan darah. Ternyata antusias untuk mendonorkan darah dari anggota jemaat sangat besar, bahkan Pdt. S. Salainti dan Pdt. R. Frans yang berinisiatif untuk mendonorkan darahnya yang di ikuti oleh pendeta-pendeta muda serta anggota jemaat lain, ada yang sudah pernah mendonorkan darah bahkan sudah lebih dari 20 kali, 15, 7, 4 kali dan ada yang baru pertama kali mendonorkan darahnya. Setiap pendonor mendapatkan kartu identitas pendonor dan dokter serta tim PMI berterimah kasih atas inisiatif dari GMAHK yang telah memberikan kontribusi menolong sesama manusia bahkan kantong darah yang telah di sediakan tidak mencukupi untuk melayani jumlah pendonor, sungguh luar biasa kata Dokter.

    Sementara donor darah masih berjalan, regu lain yang di pimpin oleh ketua PA wilayah Minawerot bersama dengan seluruh PA Minawerot melakukan pembagian kembang, 1 aqua botol dan roti kepada seluruh petugas Polisi dan DLLAJ yang bertugas di pertigaan Airmadidi Tondano dan di teriminal Airmadidi dan para Polisi dan petugas dinas DLLAJ berterima kasih karena mereka merasa dihargai dengan tindakan-tindakan dari orang muda Advent. Para orang-orang muda juga membagi-bagikan kotak P3K kepada sopir-sopir angkot/mikro jurusan Paal 2, Kauditan, Tondano, Tatelu dan juga memberikan dengan cuma-cuma kanebo serta jaket hujan kepada tukang-tukang ojek yang ada di pangkalan ojek sekitar terminal Airmadidi dan mereka semua yang mendapatkan kenang-kenangan merasa gembira.

    Pada akhir kegiatan ini, pemuda-pemudi juga bersama dengan Pdt. S. Salainti dan Pdt. R. Frans mengunjungi rumah sakit daerah Walanda Maramis serta mendokan paramedis dan pasien yang dirawat untuk memperoleh anugrah penyembuhan dari Tuhan. Kegiatan ibadah Sabat bersama se Minawerot dan Global Youth Day ini telah sukses di rayakan pada hari itu dan di laksanakan oleh gereja Perum Agape bersama PA wilayah Minawerot serta dukungan dari Direktur PA UKIKT dan Kordinator PA Distrik Minut-Bitung yang baru saja dimekarkan.

    Pada sore itu juga di lantik beberapa Direktur Pathfinder Jemaat dan mendorong orang muda serta seluruh anggota jemaat untuk mengikuti kelas kemajuan, juga pembacaan kode etik untuk para Master Guide untuk memajukan program kepanduan. Acara seminar orang muda di bawakan oleh Pdt. S. Salainti menjelang tutup Sabat.

    Setelah tutup Sabat, karena makanan telah di sediakan, maka semua yang hadir pada acara PA di undang untuk santap kasih bersama. Tentunya seluruh rangkaian acara telah membawa berkat dan sukacita dan suksesnya acara tentunya oleh karena Tuhanlah yang menyertai dan hanya untuk kemuliaan nama Tuhan dan ucapan terima kasih kepada banyak pihak yang membantu dan mengsukseskan acara in, juga para pendeta wilayah, jemaat Perum Agape, panitia PA wilayah Minawerot, departemen PA UKIKT dan Distrik Minut-Bitung. Besar harapannya semoga kita umat Advent tetap setia dalam pekerjaanNya dalam menikmati perseketuan umat-umat Allah serta membagikan kasih Yesus Kristus kepada sesama umat manusia menjelang kedatanganNya yang sudah semakin dekat.

    Oleh : Erwin Wuisan

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Popular Articles