Date:

    Share:

    BOLA KACA & BOLA KARET

    Related Articles

    Brian Dyson, mantan eksekutif Coca Cola pernah menyampaikan pidato yang sangat menarik, “Bayangkan hidup itu seperti pemain akrobat denga lima bola di udara. Anda bisa menamai bola itu dengan sebutan Pekerjaan, Keluarga, Kesehatan, Sahabat dan Semangat. Anda semua harus menjaga semua bola itu tetap diudara dan jangan sampai ada yang terjatuh. Kalaupun situasi mengharuskan Anda melepaskan salah satu di antara lima bola tersebut, lepaskanlah pekerjaan karena pekerjaan adala BOLA KARET. Pada saat Anda menjatuhkannya, suatu saat , ia akan melambung kembali, tetapi 4 bola lain seperti : Keluarga, Kesehatan, Sahabat dan Semangat adalah BOKA KACA. Jika anda menjatuhkannya, akibatnya bisa sangat fatal!
    Brian dyson mencoba mengajak kita hidup secara seimbang. Pada kenyataannya, kita terlalu menjaga pekerjaan yang adalah bola karet, bahkan kita mengorbankan keluarga, kesehatan, sahabat dan semangat demi menyelamatkan bola karet tersebut. Demi uang atau pekerjaan, kita mengabaikan keluarga. Demi meraih sukses dalam pekerjaan, kita jadi workaholic dan tidak memperhatikan kesehatan. Bahkan demi uang atau pekerjaan, kita rela menghancurkan hubungan dengan sahabat yang telah kita bangun bertahun-tahun lamanya. Bukan berarti pekerjaan tidak penting, jangan sampai pekerjaan atau uang menjadi berhala dalam hidup kita.
    Ingatlah, kalaupun kehilangan uang, kita masih bisa mencari lagi, tetapi jika Keluarga sudah terjual, kemana kita membelinya lagi?
    Inspirasi
    Untuk Direnungkan : Kita tentu pernah mendengar banyak ungkapan tentang bola. Bola panas, artinya masalah yang akan semakin membesar jika tidak segera kita selesaikan. Kedua menjemput bola, artinya kita adalah orang yang proaktif. Sebelum masalah tiba, kita sudah mengantisipasinya. Nah, apakah kita seorang pelempar bola panas atau penjemput bola! Pilihan ada ditangan kita.
    Untuk Dilakukan : “Hendaklah kamu dalam hidupmu bersama, menaruh pikiran dan perasaan yang terdapat juga dalam Kristus Yesus.” Filipi 2 : 5
    Jadilah bola pingpong yang semakin dibanting semakin tinggi melenting. Janganlah kita mengorbankan keluarga, kesehatan, sahabat dan semangat hanya karena mengejar pekerjaan. Pekerjaan bisa didapat tetapi sekali keempat hal diatas hilang pada kita, mendapatkannya kembali tidak semudah pekerjaan. Karena itu jagalah keempat hal yang diumpamakan Bola Kaca. Bila kita menghadapi suatu masalah pikirkan baik-baik apakah itu bola karet atau bola kaca. Pekerjaan itu penting untuk hidup tetapi lebih penting daripada itu adalah keluarga, kesehatan, sahabat dan semangat yang diumpamakan bola kaca.

    “Nama baik lebih penting daripada harta”.

    Oleh: Bredly Sampouw

    Previous articlePEDULI LINGKUNGAN
    Next article“LUCKY” (BERUNTUNG)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Popular Articles