Date:

    Share:

    ADVENT PEDULI DI WARUKAPAS MENYELESAIKAN TUGAS DAPUR UMUM

    Related Articles

    Hari Rabu tanggal 15 Januari 2014, kembali banjir bandang menerjang Manado dan sekitarnya. 18 orang dilaporkan tewas akibat banjir yang diikuti dengan tanah longsor ini. Hujan dalam dua hari di Manado dan MInahasa dan naiknya air laut mengakibatkan banjir berakibat parah di Manado dan sekitarnya.

    Hari rabu siang itu, relawan Advent Peduli Manado berkoordinasi dengan humas YAPI Peggy Wowor untuk mengantisipasi dampak yang ditimbulkan oleh banjir ini. Humas YAPI juga berkoordinasi dengan pimpinan UKIKT pdt. Noldy Sakul untuk melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan untuk membantu korban banjir. Hari Rabu sore itu diputuskan untuk segera membentuk Posko Dapur Umum Advent Peduli untuk mensupply makanan kepada para korban. Berhubung lokasi tempat Posko tahun sebelumnya, aksesnya masih terhalang banjir dan beberapa lokasi lainnya masih terhambat karena luasnya banjir tahun ini maka setelah relawan Manado berkoordinasi dengan Humas dan Koordinator Lapangan Elvin Bidi, disetujuilah Posko Advent Peduli segera didirikan di Warukapas, Minahasa Utara, sekitar setengah jam perjalanan mobil dari Manado.

    Hari rabu malam, relawan Advent Peduli Manado melanjutkkan koordinasi dengan jemaat setempat dan pemerintah desa yang menyetujui didirikan Posko Dapur Umum di desa Warukapas. Pdt. B.J. Lerebulan, gembala jemaat Warukapas selanjutnya mengajak jemaat-jemaat di Wilayah Tawarik (Tatelu, Warukapas, Wasian dan Klabat) untuk bekerja sama mendukung Posko Dapur Umum ini. Kamis pagi, Posko segera berdiri dan proses menyiapkan makanan segera dilaksanakan. Hari kamis siang itu dua kali Posko Warukapas mengirim makanan ke Manado.

    Hari kamis sore (16/1), Uni Konfrens Indonesia Kawasan Timur memutuskan untuk mendirikan posko di jalan Martadinata, di bekas kantor Uni setelah air di depan jalan surut. Posko Warukapas dan Posko Martadinata bekerja sama dalam membagi makanan kepada warga. Dalam usaha membagikan makanan, kedua posko ini saling berkoordiner sehingga pembagian makanan di lapangan dapat lebih merata.

    Posko Advent Peduli dengan para relawan dari Wilayah Tawarik bertugas di Dendengan Dalam, Tikala, Perkamil/Kampung Israel, Paal Dua dan Kampung Tubir. Sedangkan Posko Martadinata di antaranya membagikan makanan di Karame, Singkil, Kampung Ternate dan di beberapa tempat yang lain. Jenis bantuan kedua Posko ini mulai dari makanan  yang sudah dimasak, makanan mentah (beras, mie instant), air mineral, pakaian dalam, pakaian bekas dan bantuan bersih-bersih di rumah warga.

    Para relawan datang dari berbagai daerah se Sulawesi Utara untuk membantu para korban begitu pula dengan bantuan dana, bahan makanan, pakaian dan lain sebagainya. Bantuan selain mengalir dari berbagai daerah di Indonesia, ada juga yang datang dari mancanegara seperti dari Kawanua Sedunia yang sebagian besar anggotanya adalah anggota gereja Advent dari Amerika Serikat dan Kanada.

    Untuk Posko Advent Peduli yang bermarkas di Warukapas dan dengan para relawan dari wilayah Tawarik memutuskan untuk menghentikan kegiatan untuk sementara di Posko Warukapas pada hari kamis tanggal 30 Januari 2014 setelah dimulai pada hari kamis tanggal 16 Januari 2014.

    Herschel Najoan atas nama Posko Advent Peduli di Warukapas berterima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh yang telah berpartisipasi melalui Posko di Warukapas. Terima kasih tak terhingga kepada Yayasan Advent Peduli Indonesia (YAPI) yang sejak awal telah mensponsori berdirinya Posko Dapur Umum di Warukapas begitu pula dengan alumni Unklab yang telah menyalurkan dana bantuannya yang dikoordiner oleh Osvald Taroreh. Terima kasih pula kepada BAIT yang sudah menyumbang melalui bapak Willy Wuisan dan Beverly Runturambi. Terima kasih pula kepada Prosapia Ministry yang sudah ikut mensponsori  Posko Dapur Umum di Warukapas dan juga bantuan dana dari Susan Lengkong. Terima kasih pula kepada warga Warukapas, Tatelu, Wasian, Klabat, Likupang baik anggota masyarakat maupun kepada anggota jemaat yang sudah menyumbangkan sembako yang siap diolah di Posko Dapur Umum Warukapas dan juga kepada Komunitas Pencinta Alam Minahasa Utara yang ikut mensupport Posko di Warukapas. Terima kasih yang sebesar-besarnya pula kami sampaikan kepada pendeta jemaat Warukapas, pdt. Jones Lerebulan, Pendeta Wilayah Tawarik pdt. William Kalangi, ketua wilayah Tawarik Refly Karwur yang juga sebagai ketua jemaat Tatelu, ketua jemaat Warukapas, Nixon Tombeng yang dari hari ke hari terlibat aktif dan mendorong para relawan untuk terus mensupport berjalannya Posko di Warukapas. Terima kasih pula yang sebesar-besarnya kepada pimpinan UKIKT, ketua pdt. Noldy Sakul, bendahara bpk Herry Sumanti, coordinator lapangan bantuan banjir pdt. Stephen Salainti beserta pdt. Bryan Sumendap dan juga pdt. Ferry Rachman yang terus berkoordinasi demi lancarnya bantuan kepada para warga Manado yang tertimpa musibah banjir.

    Terima kasih pula kami sampaikan kepada yang sudah menyumbang langsung di Posko Warukapas baik beras, telur, sayuran, pakaian bekas, di antaranya dari :

    1. Pdt. J Najoan
    2. Komunitas Pencinta alam Minahasa Utara
    3. Kel. Warouw Rumagit
    4. Kel. Karundeng Dotulong
    5. Ivana Dotulong
    6. Kel. Poli Sigarlaki
    7. Kel. Tulalo Tidayoh
    8. Kel. Kamagi Rondonuwu
    9. Ibu Yedi Kampungsina
    10. Anggota Jemaat Klabat
    11. Anggoa Jemaat Likupang
    12. Kel. Mongkau Rumoyor
    13. Kel. EBK Supit-Tigno
    14. Kel. Poniskori Tulalo
    15. kel. Suprayetno Runtukahu

    Terima kasih yang sebesar-besarnya pula kepada para relawan di Posko Warukapas, di antaranya :

    1. Pdt. William Kalangi
    2. Ibu Seska Kalangi Emor
    3. Pdt. Jones Lerebulan
    4. Ibu Lerebulan Longdong
    5. bpk. Refly Karwur
    6. Ibu Meyni Karwur Moningka
    7. Bpk. Nixon Tombeng
    8. Ibu Syane Tombeng Kasenda
    9. Bpk. Hendry Karundeng
    10. Ibu Vivi Karundeng Dotulong
    11. Ibu Stella Najoan Kindangen
    12. Juvita Najoan
    13. Bpk. Stenly Korua
    14. Ibu Lily Korua Angkou
    15. Ibu Maria Katiho
    16. Ibu Vanda Supit Mewengkang
    17. Pdtm. Ajax Lairata
    18. bpk. Benny Mamahit
    19. Ibu Yunita Tulalu Tidayoh
    20. Bpk. Sonny Tulalo
    21. Ibu Viane Tewu
    22. Valensia Karwur
    23. Clara Tombeng
    24. Virgin Karundeng
    25. Bpk. Boy Warouw
    26. Ibu Yenny Warou Rumagit
    27. Kezia Rawis
    28. Karen Rawis
    29. Sesly Kalangi
    30. Ricky Rumagit
    31. Henry Matthew
    32. Royke Karouw
    33. Menly Karwur
    34. Avi Supit
    35. Roland Karouw
    36. Mona Tangkudung
    37. Ibu Frida Tangkudung Tombeng
    38. Ivana Dotulong
    39. Vanda Pondaag
    40. Ibu Yedi
    41. Lora Pangkey
    42. Ita Korua
    43. Nixon
    44. Putri Tombeng
    45. Vanesa Karwur
    46. Steily Korua
    47. Fernel  Supit
    48. Loury Supit
    49. Jemaat Tatelu
    50. Jemaat Warukapas
    51. Jemaat Wasian
    52. Jemaat Klabat
    Previous articleHENDRA YANG MALANG
    Next articleADVENT PEDULI

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Popular Articles