Date:

    Share:

    7 DEADLY HABITS

    Related Articles

    Mengapa angka 7? Dalam Alkitab ada 7 Jemaat, 7 Meterai, 7 Sangkakala, 7 Cawan, 7 Kaki Dian, dan lain-lain. Saya memilih angka 7 karena dalam Alkitab angka 7 adalah angka sempurna. Ada tujuh kebiasaan fatal yang menarik perhatian penulis yang mempengaruhi pertumbuhan kerohanian seseorang.

    IDOLISM [ IDOLISME]
    “Idolism is the belief in or worship of idols.” [Idolisme adalah keyakinan kepada atau penyembahan berhala] The Free Dictionary. Idolism similar to ‘illusion’ which is false appearance, false believe or false impression. Idolism similar to ‘confusion’ or ‘delusion’ which is much stronger than illusion. Contohnya Criss Angel, si raja ilusi, magic, stunt, fear nothing, artist hero, banyak fans (penggemar) dan menjadi idola. Anehnya pada kalungnya terdapat salib. Idolatry can form such as idol-worship, demon-worship, devil-worship, fire worship.
    Di Amerika ada agama Setan dan memiliki Alkitab Setan. Instead of worship idols, idolatry can form also such as 1) worship pictures (gambar), 2) worship statues (patung), 3) worship relics (pusaka, jimat) bisa berupa batu, seperti Black Stone di Mekah atau Batu Pinabetengan di Minahasa. Di rumah-rumah umumnya memiliki dewa mata satu.Apa itu? TV. Sekarang dewa mata sudah lebih canggih sudah bisa di bawa ke mana-mana, bisa berbentuk iPod, iPhone 5, iPad 2, Macbook Pro, Macbook Air. Sampai di gereja masih asik dengan Face Book gantinya God’s Book.
    Para penggemar penyanyi favorit mereka seperti Elvis Presley, Michael Jackson, Mick Jagger, Tina Turner, Rhoma Irama, Elvy Sukaesih, Inul Daratista, Whitney Houston, Celine Dion, Britney Spears, Bon Jovi, Bruno Mars, Ne-Yo, Miley Cyrus, Selena Gomez, Miranda Cosgrove, Taylor Swift, Justin Bieber, Cody Simpson, Jordan Jansen, dll. Kalau mereka nyanyi atau tampil di panggung membuat para penggemarnya berteriak histeris ketika menonton mereka.Setiap tahun ada American Idol, dan juga Indonesian Idol. Jangan padamu ada allah lain di hadapan-Ku. Jangan membuat dirimu patung atau yang menyerupai apa pun; Jangan sujud menyembah kepadanya atau beribadah kepadanya” (Keluaran 20:3,4,5). “Anak-anakku, waspadalah terhadap segala berhala.” (1Yohanes 5:21) .

    EGOISM [EGOISME]
    “Egoism is the ethical doctrine that morality has its foundation in self-interest.” [Egoisme adalah doktrin etis yang memiliki moralitas berdirinya pada kepentingan pribadi] American Heritage Dictionary.Dalam bahasa Inggris, salah satu huruf yang tidak berubah diletak di mana pun adalah huruf “I.”I artinya saya, aku, selalu diutamakan, ditinggikan, disanjung, dipuja, dinomorsatukan. Para bintang film, baik film sinetron TV atau film layar perak bioskop, ketika mereka berkunjung ke suatu tempat atau ke mana pun mereka pergi selalu dielu-elukan oleh para penggemarnya.
    Ego para selebritis ini semakin tinggi ketika mereka di kerumuni oleh para fans mereka dan di sanjung-sanjung, mereka merasa seakan di atas awan-awan atau lagi naik daun. Ada yang bertahan singkat dan ada pula yang bertahan lama. Amerika setiap tahun menyiapkan piala Oscar, Indonesia (Piala Citra) untuk para seniman film, sehingga membuat para seniman film ini dihargai akan bakat dan peran mereka dalam dunia perfilman. “Jika kamu menaruh perasaan iri dan kamu mementingkan diri sendiri, janganlah kamu memegahkan diri dan janganlah berdusta melawan kebenaran!Sebab di mana ada iri hati dan mementingkan diri sendiri di situ ada kekacauan dan segala macam perbuatan jahat.” (Yakobus 3:14,16).

    TERRORISM [TERORISME]
    “Terrorism is the use of violence, torture, or physical intimidation by a group or organization as a means of forcing others to satisfy its demands.”[Terorisme adalah penggunaan kekerasan, penyiksaan, atau intimidasi fisik oleh kelompok atau organisasi sebagai sarana memaksa orang lain untuk memenuhi tuntutan.] The Wordsmyth English Dictionary.Belum lama ini teroris menyerang AS dan mengejutkan dunia, ketika Menara Kembar World Trade Center, New York City runtuh.911 menjadi simbol yang tak terlupakan bagi penduduk AS.Para teroris yang diduga didalangi oleh Osama Bin Laden menjadi musuh bebuyutan AS. Akhirnya Osama Bin Laden tewas di tangan pasukan AS membuat bangsa AS sedikit terobati. Mengapa ada teroris?Bagaimanakah pola berpikir para teroris? Para teroris adalah orang-orang yang belajar membenci orang lain. Mereka berfokus pada musuh mereka dan melihat musuh mereka sebagai penghambat dan sumber berbagai masalah.Terorisme dimulai dalam pikiran.Ketika kebencian mengendap dalam hati, lahirlah para teroris.Kecemburuan, kegeraman, kemarahan adalah benih-benih terorisme.
    Salah satu ciptaan Allah yang mengembangkan kecemburuan dalam hati adalah Lusifer. Sekalipun ia telah menempati satu tempat istimewa dekat tahta Allah, namun ia mempertanyakan hikmat dan keadilan Allah. Lusifer menginginkan semua kehormatan Allah dan membiarkan kecemburuan merusak jiwanya dan menjadi racun dalam hatinya. Kecemburuan Lusifer berubah menjadi kebencian, ia bersedia berperang melawan Allah, melawan Kristus dan para malaikat-Nya. Lusifer menghasut mahluk surga lainnya bahwa Allah tidak transparan, tidak adil, tidak benar.Rasa tidak puas dan frustrasi membuat Lusifer ingin menggulingkan kekuasaan Allah dan ke luar dari kendali Allah. Namun sayang Lusifer kalah dan ia dicampakkan dari surga beserta para malaikat pengikutnya. “Panas hati kejam dan murka melanda, tetapi siapa dapat tahan terhadap cemburu?” (Amsal 27:4).

    FORMALISM [FORMALISME]
    “Formalism is strict or excessive attention to or insistence on outward forms as in art, or established traditions as in religion.” [Formalisme adalah perhatian yang ketat atau berkelebihan atau desakan dalam bentuk luar seperti dalam seni, atau tradisi didirikan sebagai agama.] Webster’s New World College Dictionary. Formalisme berfokus pada penampilan luar bukan dari dalam hati.Formalisme menempatkan upacara keagamaan, tata ibadah, tradisi lebih utama daripada peribadatan hati dan jiwa.Perilaku luar menggantikan pertobatan sejati dari lubuk hati.Nampak dari luar baik, tapi sebenarnya tidak memiliki Roh Kudus dalam hati.
    “Beradaptasi tanpa ada perubahan, melakukan tugas tanpa pengabdian, menjalankan kewajiban tanpa obsesi.”Muslim memiliki Five Pilars, Kristiani memiliki Ten Commandments.Sama-sama bertakwa pada Allah Abraham dan Musa.“Bangsa ini memuliakan Aku dengan bibirnya, padahal hatinya jauh dari pada-Ku.” (Matius 15:8). “Celakalah kamu, hai ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, hai kamu orang-orang munafik, sebab kamu seperti kuburan yang dilabur putih, yang sebelah luarnya memang bersih tampaknya, tetapi yang sebelah dalamnya penuh tulang belulang dan pelbagai jenis kotoran.” (Matius 23:27).

    FANATICISM [FANATISME]
    “Fanaticism is very strong religious or political beliefs that make someone behave in an unreasonable way.” [Fanatisme adalah keyakinan agama atau politik yang sangat kuat yang membuat seseorang berperilaku dalam cara yang tidak masuk akal.] Macmillan Dictionary. Religious fanaticism is fanaticism related to a person or group devotion to a religion, to be the most extreme form of religious fundamentalism. 1) Consumer fanaticism, contohnya: Car – Subaru (Honda, Toyota, Ford); Ladies’ bags – Chanel (Coach, Gucci, Fendi, Prada); Sport shoes – Nike (Adidas, Puma, Reebok); Men’s polo shirt – Lacoste (Lauren, Fred Perry, Polo Ralph); Jeans – Levis (Lee, Wrangler, Diesel); T- shirt – American Eagle (Abercrombie, Hollister, H&M). 2) Sports fanaticism contohnya Football (Giants), Basketball (Lakers), Boxing (Manny Pacquiao). 3) Leisure fanaticism contohnya Mt. Washington, Del Water Gap, Pocono, Belmar Marina, Florida Beach, Virginia Beach, Six Flags, Disney World, Sea World, Disneyland, Pixieland, Las Vegas, Atlantic City. 4) Political fanaticism contohnya Democratic party (Donkey), Republican party (Elephant), Golkar (Beringin) kuning, PDI (Banteng) merah, PPP (Kaabah) hijau. 5) Ethnic or nationalistic fanaticism contohnya African American, Spanish, Asian, Indonesia, India, China, American, Russian. Fanatisme bisa dalam berbagai bentuk.Orang-orang fanatik yakin bahwa mereka memiliki jalur langsung dengan Allah.
    Penilaian mereka yang bebas dianggap mereka yang terutama.Mereka membenarkan perilaku mereka dengan dasar keyakinan bahwa itu adalah sesuai dengan kehendak Allah.Pikiran mereka sendiri menjadi intisari dari agama mereka.Beberapa orang fanatik membuat peraturan mereka sendiri dan cenderung berhati-hati terhadap organisasi agama lainnya.“Karena akan datang waktunya, orang tidak dapat lagi menerima ajaran sehat, tetapi mereka akan mengumpulkan guru-guru menurut kehendaknya untuk memuaskan keinginan telinganya.Mereka akan memalingkan telinganya dari kebenaran dan membukanya bagi dongeng.” (2 Timotius 4:3,4). “Percuma mereka beribah kepada-Ku, sedangkan ajaran yang mereka ajarkan ialah perintah manusia.” (Matius 15:9).

    SECULARISM [SEKULARISME]
    “Secularism is the belief that religion should not be involved with the ordinary social and political activities of country.” [Sekularisme adalah keyakinan bahwa agama tidak boleh terlibat dengan kegiatan sosial dan politik biasa dari negara.]Cambridge Advanced Learner’s Dictionary.Sekulerisme melanda dunia dengan berbagai macam hiburan dan daya tarik, mulai dari perjudian, prostitusi, klub malam, tari telanjang, pesta-pora, makan-minum, dansa-dansi, alkohol, obat terlarang, film, musik, book, pornography, dsbnya.Inilah strategi setan untuk menjatuhkan umat Tuhan.Sekulerisme kini melanda Amerika sehingga banyak orang Amerika tidak beragama, kalaupun ada, hanya sekedar agama KTP.Praktek keagamaan tidak diperbolehkan di sekolah-sekolah umum milik pemerintah.
    Angin sekularisme berhembus ke dalam gereja melalui anak-anak kita yang mengecap pendidikan di luar sekolah gereja.Ketidak patuhan terhadap norma-norma agama tercuci otak bagi anak-anak kita dan menuntun mereka kepada kematian kekal.Badai sekulerisme bukan hanya melanda anak-anak kita, namun juga melanda orang dewasa.Untuk mempertahankan hidup di Amerika, maka para orang dewasa, baik tua atau muda berpacu bekerja mencari nafkah siang dan malam.Karena di hantui bayangan bill yang silih berganti, maka memburu dolar menjadi prioritas, sehingga mengesampingkan waktu untuk berdoa, bermeditasi, beribadah dan beristirahat pada hari Sabat.
    Sekularisma ujung-ujungnya bertumpu pada pengabaian akan semua yang berbau agama. Bila moral dan norma-norma agama diabaikan, maka lambat laun akan menuntun kepada kematian kekal. “Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaruan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.” (Roma 12: 2).

    LAODICEANISM [LAODIKIANISME]
    “Laodiceanism is the lukewarmness in religion.”
    [Laodikianisme adalah suam-suam kuku dalam agama.] Wordnik Dictionary. Laodikia adalah suatu keadaan lesu rohani, kerohanian yang hanya dirasakan.Tidak panas tidak dingin alias suam-suam kuku. Jemaat Laodikia, salah satu dari 7 Jemaat (Gereja) di Asia yang ditulis dalam Kitab Wahyu oleh Yohanes setelah ia mendapat penglihatan (khayal) di pulau Patmos atas perintah Tuhan sendiri. Ketujuh jemaat tersebut masing-masing adalah 1) Efesus (Ephesus), 2) Smirna (Smyrna), 3) Pergamus (Pergamos), 4) Tiatira (Thyatira), 5) Sardis (Sardis), 6) Filadelfia (Philadelphia), 7) Laodikia (Laodicea).
    Laodikia adalah jemaat yang ketujuh atau yang terakhir yang arti kiasannya adalah merujuk kepada gereja yang hidup di akhir zaman ini.Keadaan kerohanian Jemaat Laodikia ini bagaikan kapal yang sedang mengarungi lautan tenang di tengah terik matahari, kemudian datang berhembus angin hangat lembut alias angin sepoi-sepoi.Kapten dan para awak kapal terbuai dengan hembusan angin sepoi-sepoi dan tertidur.
    Laodikia adalah nama kota yang terletak di bagian Selatan, Turki. Laodikia waktu itu adalah pusat komersial (dagang atau bisnis) yang makmur di jaman Yohanes.Populasinya waktu itu melebihi 100.000 penduduk.Bisnis perbankannya membuat cemburu dunia waktu itu. Ketika gempa bumi menghancurkan sebagian kota itu pada pertengahan abad pertama, Laodikia yang angkuh menolak bantuan dari Roma. Orang Laodikia saking sombongnya ingin membangun kotanya sendiri, tanpa bantuan asing.
    Laodikia juga adalah pusat mode yang terkenal dengan bahan-bahan wol yang menjadi ciri khasnya.Laodikia waktu itu adalah pusat pengobatan, memiliki sekolah kedokteran dan memproduksi salep mata.Penduduk Laodikia sangat makmur dan memiliki segala keperluan mereka. Mereka merasa kaya dan yakin bahwa tidak ada kota lain yang menandingi mereka.

    Pekabaran Yohanes pewahyu kepada jemaat Laodikia bertalian dengan gereja Allah dewasa ini.Pekabarannya menemplak keangkuhan (kesombongan) rohani, agar mau berubah dan merendahkan hati.
    “Karena engkau berkata: ‘Aku kaya dan aku telah memperkayakan diriku dan aku tidak kekurangan apa-apa, dan karena engkau tidak tahu, bahwa engkau melarat, dan malang, miskin, buta dan telanjang.’ ” (Wahyu 3:17). Hidup untuk diri sendiri adalah intisari dari Laodikianisme.“Kasih pada diri sendiri mengesampingkan kasih pada Kristus.Mereka yang hidup untuk diri sendiri sedang bergerak di bawah naungan jemaat Laodikia, yang suam-suam, tidak dingin tidak panas.” (The Seventh-day Adventist Bible Commentary, jld.7, hlm. 962).

    Oleh: Jufrie Wantah

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Popular Articles